Royal Construction Memperoleh Penghargaan

Jakarta, 23 Desember 2015, Royal Kontraktor, menunjukkan prestasinya, tahun ini bertepatan dengan ulang tahun keempat , Royal Kontraktor meraih dua penghargaan bergengsi tingkat nasional yaitu Kontraktor Terpercaya Indonesia 2015 (dalam acara The Prominent Indonesia Leaders Award di Hotel Sahid) dan Best Excellence Service Contractor of The Year (dalam acara Indonesia Inspire & Best Company Award di Hotel Le Meridien). Royal Kontraktor adalah sister company dari Royal Garden Family Spa & Reflexology. “Awalnya kami membangun untuk proyek internal,

 

“Baik proyek sipil maupun proyek interior, kami dapat membantu melakukan pengukuran, penggambaran serta pembuatan spesifikasi secara gratis. Komitmen Royal Kontraktor adalah pengerjaan sesuai spesifikasi, harga kompetitif, tepat waktu, garansi konstruksi dan garansi pemeliharaan. Kami memiliki tim arsitek, design interior dan teknik sipil yang berpengalaman di bidangnya lebih dari tujuh tahun. Dari hasil survey lembaga independen bekerja sama dengan Kementrian Perdagangan dan Kementrian UKM, menunjukkan tingkat kepuasan klien terhadap kinerja kami cukup baik. Hal ini menjadi tanggung jawab bagi kami untuk secara berkesinambungan memberikan pelayanan yang baik dan terus ditingkatkan.” kata Anita Feng.  

 

“Klien kami berkata, keunggulan proyek sipil kami terletak di: konstruksi yang kuat sehingga terhindar dari keretakan atau kemiringan bangunan, waterproofing yang bagus sehingga terhindar dari kebocoran, pengerjaan perlistrikan yang aman serta pengerjaan kamar mandi yang anti bocor. Kami juga memperhatikan detail, antara lain pemasangan keramik yang rata, pengerjaan cat tiga lapis dan pekerjaan kabel listrik yang sudah memiliki sertifikat tenaga ahli. Kami juga menerima proyek pembangunan kolam renang dan pembuatan taman. Untuk proyek interior, kami bisa membantu dari layout, gambar tiga dimensi design yang disarankan, pembuatan RAB, sampai eksekusi detail berupa furniture, flooring, jaringan internet, jaringan listrik dan lain-lain lengkap sampai bisa langsung operasional. Keunggulan proyek interior terletak di kecepatan yang tinggi, kerapihan serta harga yang kompetitif karena kami memiliki workshop sendiri.” Tutur Chairil, ST selaku arsitek dari Royal Kontraktor.

 

“9 dari 10 Rencana Anggaran Bangunan yang kami submit dalam tender, kami adalah pemenang tendernya, hal ini disebabkan koordinatif, kecepatan kerja dan harga yang kompetitif” tutur Adelestiani, Business Development Manager dari Royal Kontraktor. Klien kami berkata, kami sangat cepat, tiap hadir ke proyek untuk survey, progress pembangunannya dan juga kualitas pengerjaan di atas ekspektasi.

 

“Royal Kontraktor berkomitmen untuk mendukung pembangunan Indonesia dan siap untuk berkompetisi dengan kontraktor asing di era perdagangan bebas 2016, kami yakin kualitas yang kami kerjakan baik, harga kami kompetitif, dan kami lebih mengerti budaya Indonesia” pungkas Anita Feng, ST, MM dengan percaya diri.

Electrical Inspectors

Memilih Kontraktor Sebagai Mitra Kerja dalam Membangun Rumah 

Membangun dan mewujudkan rumah ideal yang sesuai dengan keinginan pemilik rumah tidaklah mudah. Banyak proses dan pertimbangan yang harus dilakukan, mulai dari perencanaan desain, pembangunan, pengawasan, hingga penyelesaian pembangunan, yang diakhiri dengan serah terima pekerjaan. Banyak pengetahuan dan pengalaman yang harus dimiliki untuk mendirikan sebuah bangunan. Selain itu, waktu pembangunan yang cukup lama menjadi kendala tersendiri bagi pemilik rumah yang memiliki kesibukan cukup tinggi.
Dengan kesibukan masyarakat perkotaan, serta proses pembangunan rumah yang memakan waktu, maka kehadiran kontraktor secara langsung akan sangat membantu dalam proses pembangunan rumah. Kontraktor akan mengambil alih seluruh pekerjaan pembangunan, tapi tentu saja dengan pengaturan kewajiban masing-masing pihak yang telah disepakati bersama.

 

Pemilihan Kontraktor

 

Kontraktor adalah pihak penyedia jasa yang dapat bersifat perseorangan maupun badan usaha dan merupakan tenaga ahli dalam pelaksanaan pembangunan rumah atau gedung. Pekerjaan kontraktor sebagai tenaga ahli dalam proses pembangunan akan selalu terikat kontrak dengan pemilik rumah atau bangunan. Kontraktor yang baik harus memiliki pengalaman yang luas, selain memiliki bekal ilmu teknik, seperti teknik sipil, arsitektur dan lansekap. Yang tak kalah pentingnya adalah kekuatan finansial dan kemampuan manajerial yang baik. Penguasaan kontraktor atas hal-hal tersebut akan sangat menentukan kelancaran pembangunan dan hasil produk yang berkualitas.

 

Owner dan kontraktor sepakat melaksanakan perjanjian pemborongan

Pemilihan kontraktor sebagai mitra dalam pembangunan rumah tinggal harus dilakukan dengan selektif, karena keputusan akhir dalam menentukan kontraktor akan mmepengaruhi proses pelaksanaan pekerjaan dari awal hingga akhir, dan tentu saja akan mempengaruhi hasil akhir pembangunan. Kesalahan dalam memilih atau menentukan kontraktor tentu saja akan merugikan pemilik rumah/bangunan. Kerugian yang bisa dialami oleh pemilik rumah akibat kesalahan tersebut adalah:

  1. Kualitas hasil pekerjaan yang buruk, baik dalam hal kekuatan struktur bangunan maupun kerapian pekerjaan finishing.

  2. Akibat dari kualitas yang buruk tersebut, terpaksa harus diakan perbaikan atau renovasi yang sangat signifikan.

  3. Waktu penyelesaian pekerjaan yang melebihi batas waktu yang telah disepakati.

  4. Dengan ketiga kondisi di atas, maka biaya pembangunan yang sebelumnya merupakan yang termurah, maka akan mengalami pembengkakan biaya, dan bisa jadi lebih mahal daripada kontraktor penawar yang lain, yang tidak terpilih karena harganya dianggap mahal.

 

Karena itu, memilih dan menentukan kontraktor yang akan ditunjuk bukanlah perkara yang mudah. Ini tidak seperti memilih ponsel misalnya, yang cukup membandingkan spek, fitur dan harganya, untuk kemudian dipilih sebuah ponsel merk dan tipe tertentu. Ponsel adalah suatu produk yang diproduksi secara massal dan diuji produk akhirnya, sesuai dengan sistem manajeman mutu pada pabrik ponsel tersebut. Pada proyek pembangunan gedung atau rumah tinggal, banyak faktor yang mempengaruhi proses dan hasilnya, terutama karena masa pembangunan yang cukup lama. Seberapa kelancaran interaksi antara kontraktor dan owner akan mempengaruhi proses-proses selama pembangunan. Dan satu hal yang peru dicatat, yaitu bahwa permasalahan yang terjadi pada tiap proyek tidak ada yang sama persis. Problem pada setiap proyek adalah spesifik, karena terikat oleh faktor ruang dan waktu.

 

Karena itu, dalam memilih dan menentukan kontraktor yang akan mengerjakan pembangunan rumah anda, maka perlu diperhatikan hal-hal berikut:

  1. Kapabilitas kontraktor, yang sejak awal dapat dinilai dari background akademiknya dan dari komunikasi selama proses penawaran. Kapabilitas ini dapat juga dilihat dari kekuatan tim lapangannya. Dari hal ini akan menunjukkan keunggulan manajerial kontraktor selama proses pelaksanaan pembangunan.

  2. Referensi proyek, yang menunjukkan pengalaman kerja kontraktor dalam mengerjakan proyek pembangunan yang berkualitas. Kekuatan dari pengalaman akan lebih menjamin kontraktor mampu mengatasi masalah-masalah yang mungkin timbul selama masa konstruksi.

  3. Kekuatan finansial, yang dapat dilihat dalam komunikasi selama proses penawaran, dan juga dari referensi proyek yang terlampir metoda pembiayaan proyeknya (yang secara tidak langsung menunjukkan kekuatan finansial kontraktor tersebut).

  4. Kemampuan manajerial, di mana kontraktor memiliki dasar manajemen yang kuat, sehingga mampu mengkoordinasikan semua pekerjaan selama masa konstruksi. Kemampuan manajerial ini dapat dilihat pada saat kontraktor mempresentasikan skedul proyek yang akan dikerjakan, yaitu bagaimana kontraktor mampu menjelaskan skedul secara logis dan sistematis dan bagaimana kontraktor mampu menjawab setiap pertanyaan owner atau pemilik rumah.

  5. Kooperatif, yaitu kontraktor akan selalu mengkomunikasikan segala hal terkait tugas dan tanggung-jawabnya selama masa konstruksi dan selalu melayani pertanyaan,  permintaan dan keluhan owner. Sikap kooperatif ini dapat dilihat pada masa proses penawaran, di mana kontraktor sangat kooperatif dalam melayani setiap pertanyaan dari owner atau pemilik rumah.

Demikian hal-hal yang perlu diperhatikan bagi anda yang akan mempercayakan pembangunan rumah anda kepada kontraktor, agar tercapai hasil pekerjaan yang memuaskan dan tetap saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

RoyalKontraktorjasakontraktorterbaikindo

Tips Merawat Bangunan Rumah

Rumah perlu dirawat karena dinilai mengekspresikan jiwa pemiliknya. Mulai dari interior rumah dan beberapa bagian rumah seperti halaman, ruang tamu, lantai dan dinding, bahkan kamar mandi, dari sana tergambar jelas sifat penghuninya, apakah mereka rajin dan rutin merawat rumah tinggalnya.

 

Jadi bila ingin dinilai memiliki ekspresi jiwa yang menyenangkan, segeralah tata dan rawat hunian anda dengan tips dan trik berikut ini:
1 : Membersihkan kerak di kamar mandi
Lantai kamar mandi yang berkerak kuning kecokelatan dapat dihilangkan dengan cara sebagai berikut : Kerak digosok berkali-kali dengan batu apung dan air sabun, kemudian dibilas dengan air bersih. Citroenzuur (asam sitrat) ditaburkan pada dinding dalam atau luar dan dasar bak mandi yang sudah dibasahi sebelumnya, biarkan asam sitrat bereaksi selama satu jam. Kemudian, disikat dan disiram dengan air bersih dan dibilas sampai benar-benar bersih. Selanjutnya keringkan dengan lap kering. Asam sitrat atau sering disebut sitrun yang berbentuk bubuk berwarna putih tersebut dapat diperoleh di toko-toko perlengkapan kue.


2 : Memperbaiki lantai keramik retak / lepas
Lantai keramik retak dilepas dengan hati-hati agar keramik yang masih utuh tidak ikut terlepas. Nat dikorek dengan benda tajam. Setelah itu pasangan lantai dilepas atau dipecah sampai ke dasar, dibuat dasar lantai, kemudian keramik lantai pengganti dipasang.
Jika nat lantai keramik yang rusak, nat dibersihkan dahulu dengan cara dikorek. Kemudian nat disiram dengan air bersih. Selanjutnya celah nat diisi dengan campuran yang agak cair dan biarkan meresap sampai ke dalam. Pada waktu isian tadi masih setengah kering, diikuti dengan campuran yang lebih kental dan ditekan agar padat. Sebelum isian tersebut mongering, sisa-sisa bahan pengisi yang tercecer di permukaan lantai dilap dengan lap kering.


3 : Memperbaiki lantai yang basah atau lembab.
Perbaikan pada lantai yang basah atau lembab sebenarnya cukup mudah asal diketahui penyebabnya. Apabila resapan air ke permukaan lantai masuk melalui nat, nat ditutup dengan bahan yang kedap air. Jika terjadi pada lantai yang bukan kedap air, seluruh lantai yang basah dan lembab tersebut dibongkar sampai ke dasar urugan pasir. Di atas urugan pasir tersebut dilapisi dengan lembaran plastik lalu di atasnya dilapisi dengan campuran spesi yang kedap air dengan perbandingan 1 semen : 2 pasir setebal 3 cm. Lantai sudah siap dipasang kembali.


4 : Memperbaiki lantai kamar mandi yang bocor.
Kebocoran pada kamar mandi di rumah biasanya berasal dari nat keramik. Seringkali nat terkikis oleh air, bahan kimia pembersih, sabun, atau cara pemasangan keramik pada kamar mandi yang kurang tepat. Harus diketahui dahulu apakah keramik tersebut menempel dengan baik pada lantai dengan cara lantai diinjak dengan sedikit tekanan atau diketuk. Jika berbunyi nyaring berarti terdapat celah atau rongga kosong.


5 : Mengecat dinding agar tidak mudah mengelupas.
Agar lapisan cat pada dinding tidak mudah mengelupas maka penggunaan plamur harus dibatasi hanya sebagai penutup retak-retak rambut yang halus pada dinding. Seringkali kita melakukan kesalahan yaitu menggunakan plamur sebagai lapisan cat dasar. Bahan plamur tidak dibuat untuk mengikat cat sehingga kalau tetap digunakan dalam proses pengecatan, maka cat akan mudah mengelupas. Waktu pengecatan pada dinding harus dipilih dengan hati-hati.
Jika pengecatan dilakukan pada kondisi hujan, cat akan butuh waktu lama untuk mengering. Begitu pula jika pengecatan dilakukan pada kondisi matahari sangat terik, hasilnya juga kurang bagus. Hasil pengecatan di bagian luar (permukaan dinding) akan mongering lebih dahulu daripada bagian dalam. Hal ini berpotensi menyebabkan cat retak, menggelumbung atau mengelupas. Waktu ideal untuk melakukan pengecatan adalah pada kondisi kering dan tidak pada saat matahari bersinar sangat terik.


6 : Kapan perlu melakukan pengecatan ulang ?
Pengecatan ulang perlu dilakukan jika kita menemukan dinding rumah sudah mengapur. Tanda-tandanya dapat kita ketahui dengan menyaapukan telapak tangan pada permukaan dinding. Jika kita dapatkan bekas bubuk putih berarti dinding perlu dicat kembali.


7 : Cara memaku dinding agar tidak retak.
Seringkali kita memaku dinding untuk mengantungkan pigura atau aksesoris rumah tangga, namun kita dapati dinding menjadi retak. Hal ini terjadi bukan karena campuran spesi yang kurang bagus tapi karena kita belum mengetahui cara memaku dinding yang benar. Caranya adalah dengan memberikan selotip silang pada dinding sebelum permukaan tembok dipaku, baru kemudian dipaku pada bagian tengah persilangan selotip tadi. Setelah selesai, selotip dilepaskan secara perlahan sesuai kebutuhan.
Jika bahan dinding kurang berkualitas, maka jika dipaku, dinding akan rontok. Cara untk mengatasinya adalah siramkan dua sampai tiga sendok makan cuka pada bagian dinding yang hendak dipaku. Tunggu sampai kering baru kemudian dinding dapat dipaku.

 
8 : Menjaga kusen pintu dan jendela agar bebas dari rayap
Caranya dengan mencampur 3 Oli dan 1 solar kemudian diaduk sampai rata. Campuran tersebut dioleskan merata keseluruh permukaan kayu sampai campuran oli dan solar tersebut benar-benar kering. Setelah itu dilakukan pengecatan pada permukaan kayu. Dapat pula sebelum dicat, permukaan kayu dilapisi obat anti jamur untuk mencegah serangan dari rayap.


9 : Membasmi jamur di rumah.
Untuk mengatasi jamur ringan dan belum lama menyerang bagian-bagian rumah pada dinding dan plafon atau bahkan perabot rumah, dapat digunakan cuka, fungisida (pembasmi jamur) atau cairan disinfektan. Caranya, kain lap ditetesi cuka, disapukan pada bagian yang terserang jamur secara perlahan-lahan agar spora jamur tidak beterbangan kemana-mana. Penyapuan diulangi dengan cuka dan kain lap baru. Sikat tidak disarankan untuk membersihkan jamur karena akan membuat spora menyebar ke tempat lain, misalnya menempel pada perabot, sofa atau terhirup oleh manusia.
Jika serangan jamur sudah lama dan cukup berat, misalnya pada plafon akibat bocor, segera diperbaiki kebocorannya dan diganti plafonnya atau dicat ulang. Instalasi sanitasi juga perlu dijaga dari kerusakan dan bocor agar tidak menjadi penyebab munculnya jamur

Office with Hanging Lights

Perencanaan Rumah yang Juga Berfungsi Sebagai Ruang Usaha

  • Kenyamanan adalah hal utama yang harus dimiliki oleh sebuah hunian dengan 2 fungsi berbeda, sebagai tempat tinggal dan sebagai tempat usaha.

  • Sirkulasi penghuni juga penting diperhatikan untuk memastikan fungsi dari area private (rumah) dan area publik (ruang usaha) tidak saling bercampur.

  • Berikan batasan atau pemisahan yang jelas antara ruang privat (tempat tinggal) dan ruang publik (tempat usaha). Jika rumah sekaligus ruang usaha (ruko/rukan) anda berlantai satu, pisahkan ruang tersebut dengan partisi atau dinding solid. Jika rumah dan ruang usaha (ruko/rukan) berlantai 2, maka fungsi bangunan bisa dipisahkan berdasarkan level bangunan. Dilantai 1 bisa dijadikan ruang usaha (kantor, toko, wartel, warnet, kios, dsb), sementara dilantai 2 bisa dimanfaatkan sebagai tempat tinggal (living area).

  • Walaupun diatas kertas bekerja dan menjalankan usaha dari rumah lebih hemat dibanding menyewa kantor, namun anda harus tetap menyiapkan dana operasional. Dana operasional anda perlukan biasanya untuk membayar: listrik, telefon, air, dan internet.

  • Rumah yang juga difungsikan sebagai tempat usaha (ruko/rukan) adalah sama seperti bangunan komersil pada umumnya. Bangunan tersebut harus didesain sedemikian rupa, desain rumah sekaligus juga tempat usaha (ruko/rukan) sebaiknya cantik, menarik dan menarik perhatian bagi siapapun yang melihatnya (eye catching).

  • Perhatikan faktor keamanan bangunan anda. Rumah yang juga difungsikan sebagai ruang usaha (ruko/rukan) adalah asset penting milik anda dan keluarga. Baik sebagai rumah tempat tinggal anda dan keluarga, maupun sebagai bangunan komersil tempat anda bekerja, menjalankan usaha, dan menghasilkan keuntungan darinya.

royal interior flooring.jpg

Tips Memilih Keramik

Pilihlah Keramik Yang Sesuai Dengan Anggaran dan Kebutuhan

Banyaknya varian harga dan model keramik yang dijual dipasaran membuat anda harus jeli dalam memilih keramik. Apakah anda ingin memilih keramik murah/ termurah namun berkualitas tinggi ataukah ingin membeli keramik mahal yang sesuai dengan keinginan anda.

 

Pilih Keramik Yang Memiliki Ukuran & Tonality Yang Dama Untuk Satu Ruangan

Tips memilih keramik yang kedua ini sangatlah penting untuk anda lakukan agar mendapatkan desain ruangan yang manis dan indah dilihat mata. Sesuaikan warna dan juga ukuran keramik yang anda gunakan pada satu ruangan tertentu, entah itu pada dapur, kamar mandi, maupun ruang keluarga.

 

Layanan Garansi atau Purna Jual

Hal ini juga perlu anda perhatikan untuk antisipasi jika kita mendapatkan barang cacat. Tanyakan kepada penjual yang ada toko apakah keramik yang ingin anda beli memiliki layanan purna jual / garansi.

 

Warna dan Ukuran

Anda harus pintar menyesuaikan ukuran keramik lantai dengan ruangan rumah, perlu anda ketahui, semakin besar ukuran sebuah keramik pada ruangan, akan membuat tampilan ruangan tersebut menjadi lebih luas. Tak ketinggalan juga untuk seleksi warna, jika ruangan anda kurang sinar matahari yang masuk, pilihan warna terang menjadi alternatif terbaik, begitu juga sebaliknya. Tips memilih keramik yang ketiga ini perlu anda terapkan pada semua ruangan rumah, entah itu dapur, kamar mandi, kamar tidur, ruang tamu, dan juga ruang keluarga agar memperoleh hasil yang maksimal sesuai keinginan.

 

Pemilihan Permukaan Lantai

Perlu anda ketahui, Glasur pada lantai keramik memiliki beberapa model dan jenis, seperti glossy (mengkilap), satin, matte atau bertekstur. Hal inlah yang membedakan licin tidaknya lantai keramik. Jika pada kamar mandi dan dapur misalnya, sebisa mungkin pilihlan keramik yang memiliki tekstrur yang tidak rata agar tidak licin saat anda gunakan untuk aktifitas.

Demikian 5 tips memilih keramik yang bagus dan berkualitas untuk anda. Semoga dengan tersajinya artikel dari kami mengenai tips memilih keramik untuk lantai, dapur, dan kamar mandi ini bisa memberikan manfaat untuk anda khususnya yang sedang kebingungan mencari keramik terbaik untuk rumah baru anda.

royal interior bathroom 2.jpg

Tips Membangun Kamar Mandi Anti Bocor

 

Permasalahan yang kerap muncul dari bak mandi adalah kebocoran. Solusi yang ada seringkali tidak ampuh akibat kesalahan dalam pengaplikasian metode. Sebetulnya, ada solusi jitu untuk bak mandi bocor Anda. Syaratnya mudah, yaitu harus ekstra sabar, dan keluar biaya lebih sedikit untuk membeli pelapis waterproofing, serat atau serabut fiber, serta campuran waterproofing.
Khusus untuk dinding bak mandi atau kolam dengan tekstur plesteran bagian dalam agak kasar, ada baiknya jangan dulu diaci. Campur adukan plesteran tersebut dengan campuranwaterproofing dan tunggu hingga benar-benar kering kurang lebih selama 3-4 hari. Setelah plesteran 100 persen keras dan kering, segera lapisi dengan pelapis waterproofing pada seluruh permukaan bagian dalam bak mandi.


Untuk pinggiran bawah dan sudut bak atau rongga yang cukup besar, Anda dapat mengggunakan serabut atau serat fiber. Tunggu kembali selama dua hari sampai benar-benar terasa kering, lalu ulangi sekali lagi. Setelah itu, lapisi lagi dengan pelapis waterproofing. Perlu diketahui, jika plesteran tidak 100 persen kering langsung dilapis, maka akan keluar “keringat” (air) dari dalam plesteran. Bisa dipastikan, pekerjaan Anda akan sia-sia. Ada baiknya, tunggu kembali dua sampai tiga hari hingga lapisan kedua pelapis waterproofing tersebut 100 persen kering.


Jangan lupa, periksa sudutnya sudah benar-benar kering atau belum. Setelah itu, plester kasar ulang kembali dengan campuran waterproofing dan tunggu hingga plesteran kering dengan sempurna. Setelah plesteran kering, tempel keramik bagian dalam dengan hanya menggunakan semen dan campuran waterproofing sebagai perekat. Setelah keramik menempel rapih, tunggu sampai setengah keras. Yang terpenting, keramik sudah melekat erat. Selanjutnya, isi nat dengan campuran semen putih (warna) dan campuran waterproofing. Tunggu kembali 4-5 hari dan bak mandi anda siap digunakan dengan kualitas ekstra. Selamat mencoba!

Heading 1

Cara Bangun Rumah dengan Dana Terbatas

House Construction

 

  1. Membangun rumah dilokasi strategis yang mudah dilalui transportasi material bangunan, membangun rumah di daerah yang jauh dan sulit untuk pendatangan material bangunanya tentu akan dapat menyebabkan kegiatan membangun rumah menjadi mahal.

  2. Memilih material dengan harga semurah mungkin namun tetap mempunyai kualitas maksimal, selalau bandingkan beberapa alternatif material yang dapat dipilih serta digunakan pada setiap sudut bentuk arsitektur rumah untuk mendapatkan harga bangun rumah yang murah.

  3. Membangun pada waktu yang tepat dapat mengemat biaya bangun rumah misalnya pada hari raya atau libur nasional terkadang ditemui harga material atau harga tenaga bangunan yang lebih mahal dari harga normal, hal ini tentu dapat menaikan rencana anggaran biaya bangunan yang disediakan untuk membangun rumah murah.

  4. Rencanakan desain rumah seoptimal mungkin untuk penghematan hal-hal yang dapat mengurangi biaya pembangunan rumah seperti bentuk detail rumah, pemilihan material bangunan, penentuan ukuran rumah dan sejenisnya.

  5. Buat gambar kerja desain rumah lengkap sebelum membangun rumah, hal ini dapat menghemat waktu berpikir tukang bangunan dalam pelaksanakan sehingga kegiatan pembangunan bisa lebih cepat, selain itu pembuatan gambar kerja yang baik juga berguna untuk menghindari pekerjaan bongkar pasang akibat bentuk rumah yang belum sesuai selera atau belum cocoknya suatu bentuk rumah yang sebenarnya dapat dilakukan perubahan saat membuat gambar rumah.

  6. Pilihlah tukang bangunan atau pemborong profesional yang ahli dibidangnya, hal ini tentu dapat menghemat waktu maupun biaya pembangunan rumah karena dikerjakan oleh sumber daya manusia yang benar-benar mampu mewujudkan rumah bagus sebagai idaman dan impian keluarga.

  7. Membangun rumah dengan ukuran sekecil mungkin namun dengan fungsi yang maksimal seperti pengaturan denah rumah secara bagus dan tepat serta pemilihan bentuk-bentuk arsitektur mungil namun bagus akan mendukung dalam membangun rumah murah tapi bagus.